Sukses

Peran Aktif BCA di Event Social Media Week

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu pengguna internet dan social media terbesar di dunia. Sebanyak 93 persen dari pengguna internet di Indonesia, aktif mengakses facebook. Bahkan Jakarta juga tercatat sebagai wilayah dengan pengguna twitter terbanyak sehingga disebut sebagai ibukotanya social media.

Atas pencapaian itulah, Indonesia lantas ditunjuk sebagai tuan rumah event bertaraf internasional Social Media Week (SMW) ke-6 yang diselenggarakan di Pasific Place, Jakarta, 23-27 Februari 2015.

"Social Media Week adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan sejak 2009. Kali ini kita bisa berbangga karena Jakarta terpilih menjadi salah satu tuan rumah SMW," kata Ketua Penyelenggara SMW, Antonny Liem ketika konferensi pers pembukaan acara Social Media Week di Pasific Place, Jakarta.

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) sadar betul akan perkembangan era digital sehingga turut ambil bagian dalam acara social media bertaraf internasional pertama di Indonesia. Hal ini juga dilakukan karena sejalan dengan komitmen BCA yang ingin senantiasa berada di sisi masyarakat Indonesia

"Sejalan dengan pemahaman BCA bahwa digital itu sangat penting, maka BCA merasa perlu hadir di Social Media Week untuk sharing. Bukan cuma BCA yang share tetapi BCA juga akan belajar dari pakar-pakar ataupun industri yang lain mengenai perkembangan social media seperti apa," ujar Esther Meliana, Head of Marketing Communication of BCA.

Selanjutnya, BCA menjadi pembicara Workshop...

1 dari 3 halaman

1

Dalam event Social Media Week ini, BCA menjadi pembicara utama di 3 workshop yang berkaitan dengan bisnis lewat twitter dan facebook, Channel Ideavolution di Mindtalk untuk mewadahi ide kreatif anak muda Indonesia dan komunitas-komunitas yang dibina oleh BCA yang dipaparakan dalam workshop Experience In Empowering Communities. Untuk yang ketiga ini, acaranya mendapatkan sambutan meriah dari para peserta workshop yang nota bener sebagian besar dari kelompok komunitas.

“Dalam event ini, BCA sharing mengenai Experience in Empowering Communities. Tema ini diambil karena sejalan dengan komitmen BCA Senantiasa Di Sisi Anda, BCA ingin menjelaskan kepada masyarakat tentang bagaimana cara BCA mendekatkan diri kepada para nasabah ataupun calon nasabah,” jelas Esther.

Tak ketinggalan, booth-booth BCA juga menghiasi di beberapa bagian lokasi pameran. Pertama, booth BCA Friend, pengunjung maupun komunitas diajak untuk menaklukkan tantangan untuk membuat koneksi sebanyak mungkin untuk meraih rejeki liburan gratis.

Kedua, booth ‘Tahapan Xpresi’, masyarakat dapat membuat rekening baru dan memiliki kartu dengan desain yang beragam, bahkan bisa dengan foto Anda sendiri. Tanpa buku, tahapan Xpresi sudah dilengkapi dengan fasilitas e-Banking.

Ketiga, booth ‘BCA Klik Pay’, masyarakat akan dibantu untuk dapat mahir menggunakan layanan BCA Klik Pay untuk memudahkan belanja online.

Selanjutnya, BCA membangun channel komunitas…

2 dari 3 halaman

2

Keterlibatan BCA dalam Social Media Week merupakan bagian dari komitmen untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat luas pada umumnya, dan nasabah BCA sendiri melalui digital media.

Sejak 2 tahun lalu, BCA telah serius mengembangkan digital marketing. Dimulai dengan membangun aset-aset, channel-channel di social media sesuai dengan segmentasi masyarakat. Mulai dari Xpresi untuk anak muda, Goodlife untuk memenuhi segment lifestyle hingga BizGuide untuk segmen bisnis.

"Saat ini eranya bukan lagi komunikasi satu arah melainkan dua arah dimana melalui channel-channel tersebut, BCA ingin semakin mendekatkan diri dan membangun relasi-relasi. Di samping BCA aktif memberikan informasi, tips, inspirasi, hingga sharing knowledge, BCA juga berharap mendapatkan input dan feedback dari masyarakat," ujar Esther.

"Dengan begitu, misalnya ada komplain dari masyarakat lewat digital, BCA dapat menanggapi dengan segera mungkin," tambahnya.

Melalui SMW ini, BCA memiliki harapan besar agar dapat belajar dan mengikuti perkembangan teknologi, karena social media sangat terkait dengan teknologi.

"Sebagai banking sendiri, BCA memiliki kaitan erat dengan teknologi demi peningkatan produk-produk dan inovasi-inovasi baru, seperti mobile banking, internet banking. Jadi dengan perkembangan teknologi ini urusan dengan perbankan lebih mudah, aman, dan cepat, tanpa harus mengantri," jelas Esther.

Selain Jakarta, Social Media Week ini juga diselenggarakan secara bersamaan di 6 kota dunia, yakni New York, Milan, Hamburg, Copenhagen, Lagos, dan Bangalore. Total selama tahun 2015 akan diselenggarakan di 20 negara dan hampir 25 kota di dunia.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

(Adv)