Sukses

Bakti BCA Gelar Pemeriksaan Gula Darah di Klinik Duri Utara

Liputan6.com, Jakarta - Sejak tahun 2012, kegiatan social responsibility BCA dengan wadah Bakti BCA menjalin kerja sama dengan Klinik Duri Utara menyelenggarakan pengobatan gratis kepada masyarakat di RW 02, Duri Utara, Jakarta Barat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada 2015 ini dilakukan pemeriksaan darah dan gula darah. Pengobatan gratis kali ini ditujukan pada anggota masyarakat yang berusia di atas 40 tahun dengan jumlah total yang mendapatkan bantuan sebanyak 200 orang.

"Pemeriksaan tahun ini difokuskan pada penyakit-penyakit seperti kolesterol, hipertensi, asam urat, dan gula darah. Dimana sebagian besar diderita oleh masyarakat berusia 40an tahun ke atas," ujar dr. Monik Setijoso kepada wartawan disela-sela acara bakti sosial BCA yang diselenggarakan di Balai Pertemuan RW 02 Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat tersebut.

Pengelola Klinik Duri Utara, dr. Monik menjelaskan acara pengobatan gratis setiap tahun rutin diselenggarakan oleh Bakti BCA dalam rangka memperingati hari ulang tahun BCA. "Dalam setiap bakti sosial kami selalu mencoba memberikan tambahan pelayanan. Tahun pertama bersama BCA, pasien mendapatkan pemeriksaan mata dan kacamata baca gratis. Tahun kedua dilakukan pemeriksaan bagi ibu hamil dan balita," jelasnya.

Selain pengobatan gratis, BCA juga memberikan sumbangsih yang besar dibidang layanan kesehatan bagi masyarakat Duri Utara yakni dalam bentuk pemberian subsidi pengobatan di Klinik Duri Utara.

"Masyarakat yang berobat di Klinik Duri Utara hanya membayar setengah dari biaya pengobatan karena Klinik Duri Utara mendapatkan subsidi dari BCA. Sumbangsih dari BCA ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau," ujar Monik.

Dalam memberikan layanan kesehatan, Klinik Duri Utara tidak membeda-bedakan pasiennya. dr. Monik menjelaskan semua pasien yang datang ke klinik akan mendapatkan subsidi biaya pengobatan. Sebagai klinik pratama yang memberikan layanan primer, klinik ini juga menyediakan layanan home visit untuk masyarakat di sekitar Duri Utara.  

"Kalau pasien sudah tidak sanggup datang atau tidak bisa jalan, selama masih di lingkungan Duri Utara ini, dokter klinik akan memberikan pelayanan home visit," kata dr. Monik. 

Kegiatan bakti sosial BCA dan pelayanan Klinik Duri Utara mendapatkan apresiasi dari warga sekitar. Salah satunya Aisyah yang datang bersama suaminya siang itu.

Bakti sosial BCA dan Klinik Duri Utara ini sangat bagus dan membantu masyarakat. Pelayanan yang diberikan juga bagus, dokternya baik, apalagi masyarakat juga dapat potongan biaya berobat karena ada BCA," ujar Aisyah yang datang karena keluhan ngilu sendi seperti umumnya yang kerap dirasakan penderita asam urat.

Sebagai pengurus dan dokter klinik, Monik juga berharap kerjasama dengan BCA terus terjalin dengan baik karena manfaatnya betul-betul dirasakan masyarakat.

Klinik Duri Utara beroperasi dari hari Senin-Sabtu, mulai dari pukul 08.00 hingga 10.00 Malam. Kehadirannya sangat dirasakan masyarakat karena jam operasional puskesmas di wilayah tersebut hanya terbatas buka sampai siang hari.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

(Adv)