Sukses

Rahasia Sukses di Balik Bisnis Manekin, Yen's Kreatif

Liputan6.com, Jakarta- Sebelum memutuskan untuk memulai usaha sendiri di industri manekin, Yenny Chiang merupakan karyawan di salah satu pusat perbelanjaan ternama di Indonesia pada bagian visual merchandising (VM).

Bersama sang suami Benny, Yenny kemudian mengembangkan Yen's Kreatif, pemasok manekin dengan kualitas tinggi. Keduanya kompak dalam membangun usaha, Yenny bergelut di divisi marketing dan design, sedangkan Benny memegang divisi teknik dan produksi.

Passion-nya terhadap seni, membuat Yenny mampu menciptakan produk yang bukan hanya berkualitas, namun juga bernilai seni. Di samping latar belakang pendidikan yang mendukung, yakni fakultas desain tekstil di Fu Jen Catholic University di Taiwan.

Kualitas premium serta model yang unik membuat produk Yen's Kreatif banyak diburu oleh konsumen. Bisa dikatakan Yen's Kreatif memasok manekin dan perlengkapan toko dengan kualitas tinggi ke seluruh pusat perbelanjaan ternama di Indonesia.  Beberapa kerjasama yang dilakukan Yenny antara lain dengan Matahari Group, Metro Departemen Store, Lotte Shopping Indonesia, dan lain-lain.

Dalam hidup dan menjalankan bisnis, Yenny mengatakan tidak ada kata gagal dalam kamusnya. Menurutnya, jika terjun ke dunia bisnis, maka harus berani menghadapi berbagai kendalanya.

Di samping itu penting untuk bersikap tenang dan selalu berdoa kepada Sang Pencipta. Karena baginya, ketenangan dalam menghadapi kendala tersebut menjadi pelajaran untuk pengembangan bisnis ke depannya.

Prinsip itu pula yang menguatkannya ketika pada 1999 menghadapi cobaan berat saat pabrik miliknya terbakar. Padahal waktu itu, pabriknya sedang mengerjakan pesanan manekin dari Mesir. Beberapa produksi yang sudah setengah jadi hangus terbakar.

"Untungnya pesanan sudah dikirimkan sebagian ke Mesir. Saya down sekali waktu itu, tapi saya yakin Tuhan bakal kasih saya jalan untuk bangkit lagi," tutur Yenny Chiang, wanita kelahiran Kabanjahe, Sumatera Utara itu.

Selanjutnya...

1 dari 3 halaman

1

Utamakan Kualitas Barang

Dalam memasarkan karyanya, Yenny selalu berupaya untuk menjaga kualitas yang tinggi serta menjaga kepercayaan para pelanggan.

"Sebenarnya banyak pesanan dari luar negeri. Tapi kita tidak bisa penuhi karena keterbatasan sumber daya manusia. Proses membuat satu patung memang cukup rumit dan memakan waktu minimal 3 hari. Ini pekerjaan seni ya, tukang juga perlu skill yang cukup tinggi," ujar ibu dua putri ini.

Pada 2006, Yenny berkesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan membangun pabriknya. Pabrik yang berlokasi di Parung ini dapat dibangun kembali dengan bantuan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

"Saya bersyukur sekali dengan adanya fasilitas pinjaman dari BCA. BCA sudah banyak bantu usaha kita," ujar Yenny Chiang sambil tersenyum.

Dengan beroperasinya kembali pabriknya, saat ini produksi manekin per bulannya bisa mencapai 600-700 patung untuk bahan fiber glass dan 200-300 patung berbahan PU. Ini belum termasuk produk lainnya seperti manekin untuk sekolah fashion, hanger, dan lain-lain.

Selain fasilitas pinjaman, Yenny menyukai fasilitas internet banking KlikBCA untuk kemudahan bertransaksi. Transaksi seperti transfer, cek saldo, pembayaran, dan lain sebagainya dapat segera terselesaikan di mana saja dan kapan saja dengan nyaman serta aman.

Selanjutnya...

2 dari 3 halaman

2

Dukungan Keluarga

Ibu dari Lucky Tiffany dan Jacqueline Tiffany ini berharap salah satu putrinya bisa meneruskan dan bahkan mengembangkan Yen's Kreatif ke depan. Putri bungsunya menunjukkan minat yang besar terhadap fashion design dan akan segera masuk ke salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Sedangkan putri sulungnya juga sedang menimba ilmu di UCLA.

"Keduanya memang saya sudah didik agar menjadi perempuan yang mandiri dan tidak cengeng. Ini yang selalu diajarkan oleh keluarga saya dari dulu," tambah Yenny yang sejak kecil hidup di dunia bisnis karena orang tuanya juga pebisnis.

Dukungan dari suami dan buah hatinya membuat Yenny bebas berkreasi dan mengembangkan kemampuan dirinya. Baginya kehadiran keluarga adalah nomor satu. Yenny Chiang, membuktikan, kesuksesan bisnis dan keluarga bisa sejalan.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

(Adv)