Sukses

Ho Teh Tiam Punya Cara Unik Hasilkan Teh Bercita Rasa Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Anda termasuk tea lovers? Jika berkunjung ke Medan, sempatkan mampir di kedai Ho Teh Tiam (HTT) Tea Gallery milik Endar Hadi Purwanto di jalan Monginsi No. 32, Medan, Sumatera Utara.

Anda akan mendapatkan pengalaman berharga mengikuti upacara minum teh langsung dari pemiliki kedai. Teh dengan cita rasa teh lokal maupun impor bisa Anda temukan di sini.

Di kedai yang berciri oriental dan homy, Endar tidak sekedar menjual aneka teh. Endar ingin mengajak pengunjung mendapat pengalaman berharga ketika menikmati teh dan melakukan tradisi tua upacara minum teh sebagai salah satu minuman terfavorit dalam perjalanan sejarah hidup manusia. Dengan sabar dan ramah, Endar mengajarkan para pengunjung kedainya untuk menyeduh teh dengan benar.

Daun teh mentah, poci, cangkir dan pemanas air serta alat penampung air telah disediakan. Setelah diajarkan cara menyeduh teh yang benar, pengunjung dipersilakan menyeduh sendiri tehnya. Menurut Endar, keistimewaan teh terdapat pada cara menyajikan dan menyeduhnya.

“Dimulai dari membilas cangkir, memasukkan daun teh, menyeduh teh, menyingkirkan gelembung, menuangkan teh, meneteskan teh, menikmati teh dengan mencium aroma dan meminum teh.Teknik meminum teh tak langsung meneguk tetapi ayunkan cangkir dekat hidung dengan gerakan mengikuti bandul jam lalu teguk, niscaya rasanya akan berbeda dan lebih nikmat tentunya,”papar Endar.

Ingin menyajikan teh di rumah dengan cara yang benar? Ikuti tipsnya. "Kebiasaan masyarakat kita khususnya paraibu, menyeduh teh berlama-lama hingga warnanya kecokelatan. Padahal teh cukup diseduh hanya dalam hitungan detik saja guna menghindari tanin," katanya.

“Teh diminum bukan sekedar untuk menghilangkan dahaga tetapi lebih kepada manfaatnya. Karenanya lebih baik seduh teh di cangkir kecil saja. Bila ingin minum lagi proses penyeduhan bisa diulang. Ini lebih baik ketimbang menyeduh di cangkir besar dalam waktu lama,” terangEndar.

Lebih lanjut, pria paruh baya ini menjelaskan, jika kopi punya kafein, maka teh mengandung tanin. Tanin yang keluar disebabkan karena kesalahan saat penyeduhan, yaitu air terlalu panas atau waktu seduh terlalu lama. Daun atau bubuk teh hendaknya jangan dipakai hingga bermalam, maksimal 24 jam dan bila sudah berganti hari teh tidak dapat dipakai lagi karena manfaatnya sudah tidak ada lagi.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari teh, lanjut Endar, tidak disarankan meminumnya dengan menggunakan gula karena dapat mengurangi khasiat dari teh tersebut. Poci untuk menyeduh dan cangkir yang digunakan untuk minum teh juga sebaiknya menggunakan porselen atau pun tanah liat, hindari wadah dari stainless.

 Selain untuk dinikmati di kedainya, Endar juga menyediakan teh dalam berbagai kemasan serta aneka perlengkapan seduh teh yang dijual kepada pengunjung agar minuman menyehatkan ini juga bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Ada beragam koleksi teh yang dijual Endar, mulai dari produk local misalnya dari Sidikalang, Slawi dan Bogor hingga yang impor dari Cina atau Negara lainnya. Semua memiliki khasiatnya masing-masing, baik yang hijau maupun hitam.

“Teh ini punya kesamaan dengan wine, semakin lama usianya maka semakin mahal harganya. Saya punya koleksi teh kepakan (dipadatkan) yang dibuat dari tahun 2005, 2006, dan seterusnya,”ujarEndar.

Uniknya, Endar juga menjual poci yang terbuat dari keramik, porselen dan tanah liat buatan local maupun impor dengan aneka ukuran. Harga daun teh serta poci dan perlengkapan seduh teh yang dijualnya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu bahkan lebih, karenanya Endar menyediakan alat untuk mempermudah transaksi bagi pengunjung kedainya, yaitu EDC BCA.

Dengan EDC BCA, penggemar teh yang hendak berbelanja tidak harus dibatasi oleh uang tunai yang tersedia di dompetnya, apalagi pengunjung kedainya tidak jarang dating dari luar kota Medan. Dengan EDC BCA, transaksi lebih praktis, aman, mudah dan tentu saja nyaman, baik bagi pengunjung maupun dirinya sebagai pemilik kedai.

Endar juga yakin, kedepan, komoditas teh bisa menjadi pilihan investasi yang sangat bagus sejalan dengansemakin meningkatnya pemahaman masyarakat akan manfaat dan kebaikan minum teh bagi kesehatan.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

(Adv)