Sukses

5 Langkah Agar Terhindar dari Potensi Rugi Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta Mudik sudah menjadi tradisi yang melekat di kehidupan masyarakat Indonesia ketika lebaran tiba.

Sebagian besar masyarakat perkotaan berbondong-bondong melakukan perjalanan untuk menuju ke kampung halamannya yang ada di daerah atau kota lain.

Ketika momen ini tiba, rumah atau aset berharga yang ditinggal otomatis rentan pada resiko yang tak terduga, seperti bencana alam hingga tindak kriminalitas.

Semua orang tentu tidak ingin hal buruk terjadi, untuk memberikan rasa aman Anda perlu lakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut 5 langkah agar terhindar dari potensi rugi yang dikutip dari smart-money.co:

1. Asuransi

Asuransi mampu memberikan perlindungan pada bangunan, isi rumah hingga bila terjadi bencana alam. Bila Anda punya barang koleksi, asuransi juga bisa memberikan perlindungan. Jadi, jangan lupa menyiapkan asuransi sebelum mudik.

2. Listrik

Anda akan pergi untuk waktu yang cukup lama selama mudik, pastikan peralatan listrik sudah dalam kondisi aman ditinggal. Bencana yang kerap terjadi akibat listrik adalah kebakaran akibat arus pendek. Pastikan semua listrik, bila perlu matikan langsung dari sekering utama.

3. Sistem Keamanan atau Kamera CCTV

Untuk mencegah kriminalitas akibat orang tak bertanggung jawab, Anda bisa memasang sistem keamanan. Cara termudah adalah memasang CCTV atau memanfaatkan kamera pemantau dari operator ponsel. Bila perlu buat sistem penguncian berlapis untuk pintu dan pagar rumah Anda.

4. Pengawas 24 jam

Lapor pada ketua RT atau petugas keamanan untuk memberi tahu berapa lama Anda akan pergi. Orang-orang inilah yang nantinya bisa membantu Anda memastikan keamanan rumah.

5. Safe Deposit Box

Meski sudah ada asuransi, kamu tetap harus ekstra hati-hati. Manfaatkan safe deposit box milik bank untuk mengamankan dokumen penting, perhiasan dan barang-barang penting lainnya.

BCA Senantiasa Di Sisi Anda

(Adv)